sumber foto: halloriau.com

Dua tahun belakangan ini yakni mulai tahun 2016 dan 2017, saya dipercayakan terlibat dalam survey RPJMN oleh BKKBN Provinsi Riau. Kegiatan dan tupoksi saya dalam survey ini sebenarnya cukup sederhana, saya disebut sebagai Enumerator yang bertugas melakukan pengumpulan data melalui wawancara langsung kepada masyarakat.

Dua tahun terlibat dalam survey ini, begitu banyak hal yang saya dapatkan secara pribadi dan yang bisa saya lakukan baik untuk instansi maupun bagi sedikit masyarakat yang saya temui. Tahun 2016 saya dipercayakan untuk turun lapangan survey ini di Kabupaten Indragiri Hilir Riau, kemudian tahun 2017 ini saya dipercayakan untuk turun survey ke Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kegiatan survey ini membuat saya semakin memahami betapa Riau bahkan Indonesia ini begitu beragam; suku, budaya, adat-istiadat daerah, dll. Saya juga semakin melihat potensi, kelemahan dan juga peluang dari masing-masing daerah yang saya datangi. Mungkin masih hal sederhana yang saya lakukan melalui survey ini, yang walaupun itu diluar dari tugas saya sebagai Enumerator. Saya banyak melihat bahkan membuat keprihatinan dalam hati saya mengenai generasi muda yang memiliki standar atau prinsip hidup yang dikatakan cukup rendah. Misal saja berkaitan dengan pendidikan, pergaulan, usia pernikahan, dll, untuk hal ini mereka bisa menjadi generasi yang cukup rawan.

Oleh karena itu kerinduan dan inisiatif saya pribadi, sembari saya mengerjakan tugas sebagai enumerator pengumpul data survey ini, saya juga mencoba masuk dan memahami kehidupan mereka dan mengajak, mendorong, menekankan bagaimana mulai dari saat ini kita bersama-sama mempersiapkan diri menjadi generasi-generasi yang berencana, punya target dan standar hidup yang jelas. Memang cakupan yang saya bisa lakukan ini masih sangat sempit dan sulit melihat hasilnya, tetapi kerinduan saya kedepan generasi-generasi daerah ini adalah generasi dengan target dan standar hidup yang jelas dan terarah. #pray hard, work hard, play hard.

Penulis

Rinda Kristiani Kune adalah alumni Johannes Leimena School of Public Leadership for Young Leaders 2017, asal Riau.