sumber foto : cendananews.com

Aktif berorganisasi baik itu organisasi internal maupun eksternal ini adalah hal yang sangat menyenangkan dan sangat menjadi pembelajaran buat saya. Pada Tahun 2016 kemarin saya tertarik untuk bergabung di salah satu UKM di kampus saya yaitu Komunitas sastra dan teater sin Unasman ini terbagi menjadi 5 divisi yaitu divisi rupa, musik, tari, sastra, dan teater. Kebetulan saya suka menggambar,  jadi bergabung di divisi rupa.

Setiap 2 tahun sekali pekerja seni kampus seluruh indonesia melakukan kegiatan festival teater mahasiswa nasional. Baru tahun kemarin kampus saya dinyatakan lolos kurasi, yang dilaksanakan di UNM MAKASSAR.

Kami mulai melakukan casting, workshop, latihan dan karantina sehingga saya di percayakan untuk menjadi penata cahaya. Naskah yang kami angkat yaitu SANDEQ dimana terdapat suatu kampung di Polewali Mandar bernama pambusuang, yang sudah tidak lagi mempertahankan SANDEQ dan saat ini mulai punah karna adanya pembangunan tanggul di daerah itu. Naskah yang kami angkat ini kemudian dipublikasikan kepada masyarakat mandar. Pesannya agar SANDEQ jangan dihilangkan, karna banyak nelayan di daerah tersebut akan kehilangan pekerjaan jika alat transportasi ini mulai dihilangkan akibat adanya pembangunan tanggul.

*Sandeq adalah jenis perahu layar bercadik yang telah lama digunakan melaut oleh nelayan Mandar atau sebagai alat transportasi antar pulau. Perahu ini adalah ikon kehebatan maritime masyarakat Mandar.

Penulis

Nelsi adalah alumni Johannes Leimena School of Public Leadership for Young Leaders 2017, asal Polewali Mandar, Sulawesi Barat.